Surat Menyurat dan Sekretaris

Komunikasi merupakan kegiatan yang setiap saat kita lakukan, baik berupa komunikasi internal maupun komunikasi ekstermal. Bentuk komunikasi itu sendiri terdiri atas komunikasi lisan dan tulisan, dan salah satu bentuk komunikasi tulisan adalah melalui surat.

Bentuk komunikasi melalui tulisan lainnya yang sering digunakan selain surat adalah memo, laporan, pengumuman, surat pemberitahuan, surat keterangan, dll. Informasi di dalam komunikasi tulisan sifatnya jelas, akurat dan sewaktu-waktu dapat menjadi alat bukti tertulis hitam di atas putih jika diperlukan. Selain itu komunikasi tulisan seperti surat juga bisa sebagai alat dokumentasi, alat pengingat, dst.

Walaupun teknologi komunikasi berkembang begitu pesat, yaitu dengan bermunculannya alat komunikasi canggih seperti: e-mail, telepon seluler, televisi, radio, telegram, faximile, dan lain sebagainya, tetapi kegiatan surat menyurat tetap masih diperlukan.

Dalam menangani surat terdapat dua kegiatan, yaitu menangani surat masuk, dan menangani surat keluar. Kegiatan menangani surat masuk adalah semua kegiatan yang dilakukan sejak penerimaan surat masuk hingga surat tersebut tersimpan, antara lain mencakup mengumpulkan surat masuk, menglasifikasikan, mengagendakan, dan mendistribusikannya. Adapun kegiatan menangani surat keluar, antara lain mencakup pengonsepan surat, pengetikan, pemberian nomor surat, pengesahan, pengagendaan, pengekspedisian, dan penerusan surat kepada yang dituju.







Pendaftaran Online

Klik disini