Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Etika Sekretaris Sebagai Representasi Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab Sekertaris dalam Rapat
07/05/2018
Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Informasi
21/05/2018

Etika Sekretaris Sebagai Representasi Perusahaan

 
Seorang sekretaris merupakan representasi sebuah perusahaan dan sebagai garda terdepan ketika menerima tamu (pihak luar) yang datang ke perusahaan. Jika penampilan, attitude, tata krama dan etika seorang sekretaris sangat baik, maka semua orang yang datang ke perusahaan tersebut akan merasa dihargai dan diperlakukan sebaik-baiknya sehingga memudahkan pengurusan apa pun dengan perusahaan yang bersangkutan.

Sebaliknya, jika seorang sekretaris tidak bersikap sopan dan tata kramanya buruk, maka kemungkinan besar akan sulit mendapatkan penghargaan dari pihak lain terhadap eksistensi perusahaan yang bersangkutan.
Seorang sekretaris harus dapat melihat bahwa perusahaan berjalan secara efisien dan terorganisir, dan karenanya memiliki kewajiban untuk menangani data dengan tepat, baik untuk dokumen kertas ataupun elektronik. Mereka harus mencatat janji dan memastikan bahwa masing-masing dilakukan pada waktunya. Menangani situasi sulit tanpa bantuan siapapun juga.

Pada saat seorang sekretaris bertatap muka dengan banyak orang ataupun tidak saat itu seorang sekretaris akan menjadi respresentasi sebuah perusahaan, sekretaris akan dinilai dari tata krama sampai pada cara menangani masalah dan cara mengatasinya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) representasi adalah perbuatan mewakili, keadaan diwakili dan perwakilan. Secara garis besar representasi bagi seorang sekretaris merupakan cerminan dari perusahaan tersebut. Dari mulai ujung rambut sampai ujung kaki baik luar maupun dalam. Sekretaris menjadi gambaran sebuah perusahaan. Apabila sikap dan perilaku sekretaris tersebut buruk maka penilaian seseorang terhadap perusahaan juga berdampak buruk.
Selain itu representasi seorang sekretaris dapat dilihat saat Sekretaris sebagai perwakilan pada saat rapat. Bila pimpinan tidak dapat menghadiri sebuah pertemuan maka sekretaris akan menggantikan posisi pimpinan sementara (jika ditunjuk untuk menggantikan). Representasi perusahaan sangat dilihat dari sekretaris melakukan rapat tersebut.
Tugas lain sekretaris sebagai representasi perusahaan adalah sebagai rujukan informasi ketika ada pihak yang membutuhkan data-data yang lama, mengingat salah satu tugas sekretaris adalah notulen (pencatat) kegiatan berlangsungnya rapat.

Kesimpulan

Menerapkan tata krama yang baik adalah penting bagi seorang sekretaris agar dapar menjalin relasi yang baik, baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Di samping itu, sebagai representasi dari perusahaan, dengan tata krama yg baik, ia juga turut menjaga nama baik perusahaan.
 
error: Content is protected !!