Sahifa fully responsive WordPress News, Magazine, Newspaper, and blog ThemeForest one of the most versatile website themes in the world.

Sekretaris Profesional

Surat Menyurat dan Sekretaris
05/12/2017
Potret Sekretaris Modern
09/04/2018

Sekretaris Profesional

 

Tugas seorang sekretaris sangat kompleks dan beragam, sehingga apabila tidak dikuasai tugas tugas tersebut akan menghambat pekerjaan pemimpin. Dalam dunia bisnis peran sekretaris sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan usahanya.
Sekretaris disebut juga asisten pribadi (Personal Assistant). Bedanya seorang asisten pribadi bertanggung jawab kepada satu orang saja yaitu pemimpin sedangkan sekretaris lebih bertanggung jawab kepada perusahaan. Sekretaris identik dengan mode dan gaya dalam berbusana kantor. Karena seorang sekretaris, hal sekecil apapun harus terlihat perfect. Sudah menjadi rahasia umum jika seorang sekretaris mempunyai tampilan yang menarik.
Adapun syarat untuk menjadi Sekretaris profesional harus memiliki dan bisa melakukan hal-hal berikut:

1.Menampilkan Citra Perusahaan

Citra perusahaan adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Karena sekretaris adalah tangan kanan sang bos, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Di sinilah ETIKA dan TATA KRAMA sekretaris menjadi sangat penting diperhatikan!

2.Baik dan Bertanggung Jawab

Sekretaris juga harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada bos tapi juga harus baik kepada relasi dan kawan sekantor.

3.Pandai Menjaga Rahasia

Sebagai tangan kanan bos dan selalu mendapat kepercayaan dari bos, sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi sang bos.

4.Mengetahui Teknologi Terkini

Sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan, tapi seorang sekretaris juga harus up date terhadap kemajuan teknologi misalnya teknologi informasi dan internet.

5.Tahu Accounting dan Pembukuan

Accounting dan pembukuan juga harus dikuasai oleh seorang sekretaris agar bisa melakukan pembukuan kantor (jika diperlukan).

6.Harus Bisa Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing adalah nilai tambah yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Karena biasanya sekretaris selalu diminta bos untuk bertemu dengan relasi yang berasal dari luar negeri.

7.Mempelajari Karakter Pimpinan

Seorang sekretaris dituntut agar mampu memahami dan mengerti karakter pimpinan perusahaan dimana dia berada agar semua program kerja berjalan dengan baik dan tanpa miskomunikasi.

8.Mempunyai Etika yang Baik

Seorang sekretaris juga harus memiliki etika yang baik yaitu dalam hal berbicara, mendengarkan, gaya berbuasana, cara makan dan minum, cara duduk, dsb, karena sangat berkaitan dengan citra perusahaan.

9.Pandai Berbicara di Depan Publik

Kadang sekretaris diminta untuk menemani atasan untuk melakukan presentasi menggantikan sang atasan. Karena itulah sekretaris harus bisa belajar berbicara dengan publik atau pada saat meeting.

 
error: Content is protected !!